Tugas Sistem Informasi Psikologi

PENGERTIAN WAWANCARA

Wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil menatap muka antara sipenanya atau pewawancara dengan si penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan Interwiew guide. Proses wawancara ini bisa berlangsung dalam dua cara. Cara pertama adalah wawancara langsung antara pihak pewawancara dan narasumber. Dalam proses ini, proses dialog berlangsung secara verbal dan dan terjadi secara langsung.

Cara kedua adalah wawancara tertulis. Pengertian wawancara tertulis hampir sama dengan wawancara langsung, hanya proses dialog yang ada dalam wawancara tertulis menggunakan media tulisan. Pihak pewawancara mengajukan pertanyaan dalam bentuk draft tulisan. Dan narasumber pun memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut dalam bentuk tulisan juga.

Dalam wawancara tertulis, tidak terjadi interaksi secara langsung antara pihak yang mewawancari dan yang diwawancarai. Hubungan yang ada pada kedua pihak bisa menggunakan media perantara seperti surat elektronik atau media faksimili. Biasanya, teknis wawancara ini dilakukan ketika narasumber tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan wawancara secara langsung.

Kelebihan teknik wawancara:

 

1. Wawancara memberikan kesempatan kepada pewawancara untukmemotivasi orang yang diwawancarai untuk      menjawab dengan bebasdan terbuka terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

2. Memungkinkan pewawancara untuk mengembangkan pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan situasi yang berkembang.

3. Pewawancara dapat menilai kebenaran jawaban yang diberikan darigerak-gerik dan raut wajah orang yang diwawancarai

.4. Pewawancara dapat menanyakan kegiatan-kegiatan khusus yang tidakselalu terjadi.

 

Kekurangan teknik wawancara:

1. Proses wawancara membutuhkan waktu yang lama, sehingga secararelatif mahal dibandingkan dengan teknik          yang lainnya.

2. Keberhasilan hasil wawancara sangat tergantung dari kep ianpewawancara untuk melakukan hubungan antar manusia.

3. Wawancara tidak selalu tepat untuk kondisi-kondisi tenpat yangtertentu, misalnya di lokasi-lokasi yang ribut dan ramai

.4. Wawancara sangat menganggu kerja dari orang yang diwawancaraibila waktu yang dimilikinya sangat terbatas.

 

 

 

  1. Wawancara Bebas

Wawancara bebas adalah proses wawancara dimana interviewer tidak sengajamengarahkan tanya jawab

pada pokok-pokok persoalan dari fokus penelitian daninterviewer (orang yang diwawancarai).

  1. Wawancara Terpimpin

Wawancara ini juga disebut dengan interview guide. Controlled intervew ataustructureinterview, yaitu

wawancara yang menggunakan panduan pokok-pokokmasalah yang diteliti.

  1. Wawancara Bebas Terpimpin

Wawancara kombinasi antara wawancara bebas dan terpimpin. Jadipewawancara hanya membuat

pokok-pokok masalah yang akan diteliti,

http://www.scribd.com/doc/44142229/Wawancara

 

Pengiriman Lamaran Melalui Email

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengijinkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar.
Bagi perusahaan, ini akan mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mengirimkan balasan surat lamaran berbentuk email tersebut ke para pelamarnya.
Bagi calon karyawan, ini akan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Jika anda mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah anda dapat mengkopi email lamaran anda sebelumnya dan menyesuaikannya.
Isi surat lamaran di email, sama dengan isi surat lamaran biasa. Perbedaaannya hanya pada cara pengirimannya saja. Sehingga semua tips & trick menulis surat lamaran kerja (silakan klik) tetap perlu anda ikuti.
Berikut ini tips dan trick menulis dan mengirimkan surat lamaran di email.

1. Judul Email

Judul email anda haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email anda. Karena itu tuliskan judul yang jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, anda dapat menuliskannya sebagai berikut “Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran”.
Catatan : Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta anda menuliskan kode tertentu di judul atau subject email anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.

2. Dimana Surat Lamaran Ditulis

Apakah surat lamaran ditulis di badan email atau di file tersendiri. Sesuai ketentuan umum berbagai perusahaan yang bergerak di bidang recruiting baik perusahaan nasional maupun multinational. Bahwa surat lamaran (cover letter) dapat langsung ditulis pada badan email (di dalam email).

 

 

3. Bagaimana dengan Resume

Jangan menulis resume anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran (attach) email anda.

4. Jenis File Attach yang Dikirim

Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya, jenis file yang boleh anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan anda untuk mengirimkan file berformat pdf atau xls atau txt. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume anda dalam file MS Word (.doc).

5. Ukuran/Bobot (Size) Email

Usahakan ukuran email anda termasuk lampirannya (attach) tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach (dilampirkan). Karena itu periksa besar file yang anda lampirkan. Jika anda diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang size-nya (bobot filenya) terlalu besar. Perkecil size-nya (bobot filenya) dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor.

6. Dijadikan Satu dalam Bentuk ZIP

Bentuk file zip adalah bentuk file yang dimampatkan (dipadatkan) dan saat ini sudah umum dilakukan. Bahkan banyak perusahaan yang meminta agar file-file yang dilampirkan (di attach) dijadikan satu dalam sebuah file zip. Sehingga selain size-nya (ukuran file) menjadi lebih kecil/ringan, juga jumlah file yang dikirim (di attach) menjadi hanya satu file. Ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dari pelamar.

7. File Attach yang Terlalu Besar Akan Diabaikan

Dapat anda bayangkan sendiri, bila anda menerima kiriman file di email yang size-nya besar, misalkan sampai lebih dari 1 MB.
Tentunya anda malas untuk membukanya (men-download-nya). Demikian juga dengan perusahaan yang menerima email lamaran kerja anda.
Bila file attach-nya terlalu besar, otomatis perusahaan tersebut akan malas untuk membuka/mendowload file kiriman anda. Dengan kata lain anda telah gagal hanya di masalah pengiriman email saja. Jadi ikutilah tips nomor 5 di atas.

8. Lakukan Uji Coba Pengiriman Email

Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, anda juga perlu melakukan uji coba pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran anda, lengkap dengan attachment-nya ke alamat email anda yang lainnya. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang anda tuju.
Dengan melakukan uji coba terlebih dulu, maka anda dapat melihat sendiri hasil pengiriman email anda tersebut. Untuk kemudian dilakukan perbaikan-perbaikan bila diperlukan.
Uji coba pengiriman email ini SANGAT DIPERLUKAN. Karena sering kali format email yang anda kirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Misalkan mengirimkan email dari Yahoo ke Gmail, atau sebaliknya.
Jika anda hanya mempunyai satu alamat email, anda bisa membuat alamat email baru di Yahoo, Gmail, atau Hotmail (silakan klik) atau yang lainnya.

maulihat.com/tips-trick-menulis-surat-lamaran-kerjapekerjaan

 

TEST  TOEFL ON-LINE VIA WEB

 

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi terutama dalam dunia internet, web berkembang menjadi alat bantu yang mampu untuk mengelola informasi secara cepat dan akurat. Proses pengolahan informasi dengan teknologi web yang cepat dan akurat menyebabkan web menjadi media informasi yang dinamis dan interaktif untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada seperti pembuatan sistem test secara online. Proyek akhir ini bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem test online berbasis web dalam bentuk test TOEFL yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP yang dihubungkan dengan database MySQL sebagai media penyimpanan data. Proyek akhir ini diharapkan dapat mempermudah dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan test TOEFL terutama di lingkungan PENS-ITS yang sesuai dengan standart pelaksanaan TOEFL. Kata Kunci : Online Test System, Web, TOEFL Online Test.

http://www.eepis-its.edu/id/ta/102/Test-Toefl-On-line-Via-Web

 

Jalur-jalur Seleksi  Masuk Universitas Diponegoro Tahun 2011

 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 dan Peraturan Mendiknas no. 34 tahun 2010 tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi, maka untuk proses penerimaan mahasiswa baru program S1 Undip tahun 2011 akan diatur melalui seleksi secara nasional dan seleksi secara lokal / mandiri.

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2011 adalah sebagai berikut:

a. Seleksi Secara Lokal / Mandiri

  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Kemitraan program Strata 1Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) Kemitraan adalah salah satu seleksi masuk mahasiswa ke Universitas Diponegoro tanpa ujian tertulis. Selain melalui SNMPTN Jalur Undangan, PSSB Kemitraan ini akan tetap diselenggarakan namun waktunya setelah SNMPTN. PSSB S1 Kemitraan Undip adalah program seleksi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan mendasarkan minat, potensi akademik, dan potensi kerjasama untuk pengembangan UNDIP dalam bentuk partisipasi sumbangan. Minat dan potensi akademik dari calon mahasiswa dalam seleksi PSSB-Kemitraan ini dilihat dari reputasi akademik calon mahasiswa selama menempuh pendidikan di SMA yang ditunjukkan oleh nilai rapor dan penghargaan lain yang diperoleh karena capaian prestasi tertentu. Minat calon mahasiswa untuk memasuki salah satu program studi tertentu di UNDIP juga akan dipertimbangkan dengan daya tampung dan tingkat persaingan diantara pelamar. Pertimbangan potensi kerjasama  terutama akan difokuskan pada kesediaan lembaga donor/sponsor atau orang tua calon mahasiswa dalam berpartisipasi untuk memberikan  sumbangan pengembangan bagi UNDIP.  Dengan demikian, PSSB KEMITRAAN  ini merupakan proses seleksi mahasiswa baru yang mendasarkan pada 2 aspek, yaitu aspek potensi akademik dan minat calon mahasiswa, dan aspek partisipasi dalam pengembangan universitas.
  2. Jalur UM (Ujian Mandiri) adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dimulai 2 Mei – 24 Juni. Informasi lengkap bisa diakses di : http://um.undip.ac.id

b. Seleksi Secara Nasional

  1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Jalur Undangan Berdasarkan Penjaringan Prestasi Akademik. Pendaftaran mulai dibuka tanggal 1 Febuari – 12 Maret 2011. Pendaftaran dan informasi bisa diakses di web :www.snmptn.ac.id
  2. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Pendaftaran mulai dibuka tanggal 2 – 24 Mei 2011. Pendaftaran dan informasi bisa diakses www.snmptn.ac.id.
  3. Jalur Beasiswa Bidik Misi. Penjelasan mekanisme pendaftaran secara lengkap bisa di akses dihttp://bidikmisi.dikti.go.id/portal. Tahun 2011 Undip memiliki kuota 225 orang mahasiswa yang akan menerima beasiswa Bidik Misi

Untuk seleksi masuk ke program Diploma III Undip tahun 2011 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:

  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III. Seleksi ini telah dibuka mulai 3 Januari 2011 sampai dengan 28 Februari 2011 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site ini.
  2. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Juli-Agustus 2011. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site :http://um.undip.ac.id

http://um.undip.ac.id/

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: